Solusi Pertanian Modern

Info Tech

Pertanian modern yang tengah berjalan saat ini memberikan dampak positif bagi petani dan peternak untuk memudahkan pekerjaan mereka. Beberapa faktor yang mendukung pertanian modern adalah Sumber Daya Manusia (SDM), benih berkualitas tinggi, hasil pertanian perikanan dan peternakan yang berkualitas, serta mekanisasi berteknologi tinggi.

Sistem pertanian modern dinilai merupakan jalan menuju keberhasilan modernitas di Indonesia dimana apabila hasil panen semakin tinggi maka dianggap maju. Konsep pertanian modern mengarah pada bagaimana cara optimalisasi usaha tani untuk menghasilkan bahan pangan yang memiliki kualitas tinggi.

Beberapa contoh pertanian modern yang telah banyak diterapkan antara lain pertanian modern terintergrasi, pertanian hidroponik dan pertanian holtikultura.

1. Pertanian Modern Terintegrasi

Pertanian organik terintegrasi adalah sistem pertanian yang bertujuan untuk tetap menjaga keselarasan dengan sistem alami dimana mengembangkan semaksimal mungkin proses alami dalam pengelolaan usaha tani. Sistem pertanian organik mengajak manusia kembali ke alam, sambil tetap meningkatkan produktivitas hasil tani melalui perbaikan kualitas tanah dengan mengurangi bahkan meninggalkan penggunaan bahan kimia.

2. Pertanian Hidroponik

Pertanian hidroponik merupakan pertanian yang menggunakan cara budidaya dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Cara ini sangat mudah dan tidak memerlukan lahan yang luas.

Beberapa manfaat pertanian hidroponik antara lain kualitas tanaman yang dihasilkan lebih baik dan tumbuh dengan cepat, tanaman terhindar dari hama dan penggunaan pupuk menjadi lebih hemat. Hidroponik dinilai mampu menghemat waktu, tenaga dan lahan karena tidak memerlukan lahan tanah yang luas untuk menanam tanaman.

Jenis tanaman hidroponik yang sering dibudidayakan antara lain selada, cabai, kangkung, bayam, timun, stroberi dan semangka.

3. Pertanian Holtikultura

Hortikultura berasal dari kata “hortus” (= garden atau kebun) dan “colere” (= to cultivate atau budidaya). Pertanian holtikultura merupakan konsep pertanian dengan membudidaya tanaman kebun dengan jenis tanaman yang dibudidayakan. Holtikultura meliputi pembenihan, penumbuhan bibit, kultur jaringan, memproduksi tanaman, penanganan hama dan penyakit, panen hasil, pengemasan produk panen hingga pendistribusian.

Peranan hortikultura adalah memperbaiki gizi masyarakat, memperbesar devisa negara, memperluas kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan petani dan pemenuhan kebutuhan keindahan maupun kelestarian lingkungan.

Pantau terus web kami goolive.id dan miraclepark.id atau unduh aplikasi Goolive di playstore.

Jelajahi keberkahan zaitun bersama Goolive dan Miracle Park. Informasi lebih lanjut, silahkan klik link http://bit.ly/miraclepark.id

Hotline : 0877-1648-5000
Alamat kantor :
Pondok Benowo Indah OO – 30, Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *