REVIEW DURIAN PATIH

Review Durian Patih

Durian Food Info

“Durian.. ada cerita di setiap belahannya” – Muhammad Gurning, S.Farm., Apt.,CBHC, Direktur Utama Miracle Park Pasuruan.

Komoditas holtikultura terutama buah-buahan berpotensi besar dalam meningkatkan pendapatan Negara seperti si Raja Buah (King of Fruit), Durian. Durian adalah buah yang paling banyak digemari oleh masyarakat karena memiliki cita rasa yang nikmat juga aroma yang unik sehingga banyak yang ketagihan dengan buah berduri satu ini. Bukan hanya nikmat dikonsumsi namun

Durian ternyata memiliki beragam kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya kaya akan serat, protein, kalsium, kalium, fosfor, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.

Indonesia memiliki keragaman varietas Durian lokal yang tersebar diseluruh daerah, seperti Durian Patih dari Kebun Miracle Park, Pasuruan, Jawa Timur. Pohon dari Durian Patih telah berusia lebih dari 30 tahun dengan ciri morfologi batang kecil, tidak terlalu tinggi dan batang maupun rantingnya tidak terlalu tebal. Meskipun demikian pohon ini cukup unik karena masih mampu produktif untuk menghasilkan buah walaupun kualitasnya masih jauh dibandingkan Durian Rajo Watukuro dan Durian Ratu Puspo yang juga merupakan Durian dari Miracle Park.

Pohon Durian Patih
Pohon Durian Patih
Review Durian Patih

Durian Patih memiliki bentuk yang bulat dengan ukuran rata-rata 1,5 – 2,5 kg setiap buahnya. Bagian luar tampak berwarna hijau kecoklatan dengan duri yang cukup tajam. Aromanya harum khas Durian dan tidak terlalu menyengat. Durian Patih termasuk Durian golongan Butter Series sehingga memiliki rasa yang gurih dan daging berwarna kuning lembut seperti layaknya mentega. Ketebalan dagingnya masih kurang atau tipis dengan ukuran biji yang cukup besar dan membulat. Tekstur daging padat sehingga tidak terlalu lembek.

Durian Patih dihargai sesuai dengan ukuran berat yaitu Rp 45.000,- per kg. Hal ini disesuaikan dengan jerih payah Petani Durian yang telah merawat dengan sepenuh hati.

Bagian Dalam Durian Patih
Bagian Dalam Durian Patih
Perawatan Durian Patih

Pohon Durian Patih merupakan tanaman yang sudah ada sebelumnya di area Miracle Park atau disebut dengan tanaman exisiting. Miracle Park tengah melakukan perawatan secara optimal agar kualitas yang didapatkan lebih baik lagi dari sebelumnya. Perawatan yang dilakukan seperti pencegahan dari hama penyakit dengan rutin membersihkan area dari gulma. Pada dasarnya gulma merupakan tanaman yang tidak diharapkan tumbuh namun dapat beradaptasi dengan cepat dan berdampak menjadi kompetitor tanaman utama hingga sebagai vektor perkembangan hama dan jamur.

Kebutuhan nutrisi dan unsur hara akan terus dipenuhi dengan rutin memberikan pupuk organik. Selain mudah dalam pengaplikasiannya, pupuk organik sangat aman digunakan karena ramah lingkungan dan bebas dari gulma. Penggemburan tanah juga dilakukan agar mengembalikan kesuburan tanah, memperbaiki struktur tanah dan membantu proses peredaran udara, air tanah dan kinerja pupuk yang sebelumnya diaplikasikan lebih sempurna.

Buah Durian yang sudah hampir masuk waktu panen biasanya akan jatuh sendiri. Untuk menjaga agar buah tidak langsung jatuh, maka buah Durian dapat diikat dengan tali oleh Tim Kebun secara manual. Perawatan Durian dibantu dengan pendekatan teknologi yaitu fertigasi. Sistem fertigasi dilakukan karena mampu meningkatkan kualitas hasil pertanian serta memudahkan pemberian nutrisi dengan dosisi yang tepat. Fertigasi mampu mengatasi permasalahan tanah dan menghindari tanaman dari penyakit. Sehingga hal ini memudahkan pekerjaan dan lebih terkontrol.

Bagaimana, anda tertarik berkunjung ke Miracle Park Pasuruan untuk mencicipi Durian Patih?

Pantau terus web kami miraclepark.id dan blog kami http://blog.miraclepark.id/

Jelajahi keajaiban zaitun bersama Miracle Park. Informasi lebih lanjut, silahkan klik link dibawah ini http://bit.ly/AdminMiraclepark

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *