3 Alasan Anak Muda Harus Bertani

3 ALASAN ANAK MUDA HARUS KEMBALI BERTANI

Finance Info Lifestyle

Saat ini sektor pertanian mulai ditinggalkan oleh para pemuda Indonesia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) terdapat 23% dari total seluruh pemuda di Indonesia yang tertarik untuk terjun ke sektor pertanian. Padahal, menurut Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2019 bahwa perkiraan jumlah pemuda sebesar 64,19 juta jiwa atau seperempat dari total penduduk Indonesia.

Dewasa ini, penting mengubah pandangan tentang petani yang selama ini diindentikkan dengan tua, kotor hingga kurang berpenghasilan. Menjadi seorang petani itu keren, kekinian dan tentunya banyak keuntungan yang dihasilkan.

Berikut 3 alasan mengapa anak muda harus kembali bertani :

  1. Agribisnis adalah Peluang Bisnis yang Menggiurkan

Saat ini sektor pertanian mulai ditinggalkan oleh para pemuda Indonesia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) terdapat 23% dari total seluruh pemuda di Indonesia yang tertarik untuk terjun ke sektor pertanian. Padahal, menurut Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2019 bahwa perkiraan jumlah pemuda sebesar 64,19 juta jiwa atau seperempat dari total penduduk Indonesia.

Menurut Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian Republik Indonesia bahwa pertanian memberikan solusi lapangan kerja, sebagai landasan dasar perekonomian Bangsa. Agribisnis saat ini sudah mulai berinovasi dengan perubahan terbaru yang sedang laris manis di pasaran.

Agribisnis sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan kemajuan pertanian di Indonesia.  Agribisnis dapat menjadi tulang punggung perekonomian dunia karena merupakan sektor yang mampu menyediakan bahan pangan maupun bahan baku bagi industri-industri pengolahan.

  1. Pemanfaatan Teknologi yang Terjangkau dan Kekinian

Pada awalnya teknologi dirancang oleh manusia untuk mempermudah berbagai pekerjaan yang dilakukan. Namun kenyataannya saat ini, teknologi mulai berkembang pesat baik bidang informasi, komunikasi, transportasi dan tak terkecuali bidang ini.

Melalui bantuan teknologi mampu meningkatkan efektifitas penanaman, perawatan hingga kualitas hasil panen. Beberapa jenis alat untuk mendukung teknologi pertanian antara lain alat penanam padi jarwo transplanter, mesin pemanen padi indo combine harvester hingga sistem fertigasi yang tengah diterapkan Miracle Park Pasuruan.

Startup bidang Agribisnis juga mampu menjadi alternatif yang solutif dalam menyelesaikan beragam masalah di Indonesia. Di tengah revolusi industri 4.0 yang serba digital maka startup pertanian diharapkan mampu menghilangkan tradisi-tradisi yang merugikan petani seperti tengkulak dan pengepul.

  1. Sektor Pertanian Lebih Dekat dengan Masyarakat Luas

Saat ini sangat penting mengubah pandangan tentang petani yang selama ini diindentikkan dengan tua, kotor hingga kurang berpenghasilan. Menjadi seorang petani itu keren, kekinian dan tentunya banyak keuntungan yang dihasilkan.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa sektor perekonomian yang paling banyak menyerap tenaga kerja di Indonesia adalah bidang pertanian. Dari 124,54 juta penduduk usia produktif di Indonesia, 31,86 % di antaranya atau sekitar 39,68 juta bekerja di bidang pertanian.

Masyarakat luas pun mampu turut serta secara gotong royong untuk mengembangkan pertanian di Indonesia tentu dengan cara yang sederhana. Pertanian mampu menjadi sumber tenaga kerja dan pembentukan modal yang diperlukan bagi pembangunan sektor lain. Hal ini juga mampu mengurangi kemiskinan dan peningkatan ketahanan pangan serta menyumbang secara nyata bagi pembangunan desa dan pelestarian lingkungan hidup.

Setelah mengetahui berbagai peluang usaha yang bisa didapatkan melalui agribisnis, mulai lah membuka usaha dengan skala kecil dan menjaga konsistensi. Kita semua adalah generasi yang berperan penting dalam mewujudkan hal tersebut kedepannya. Sehingga mari menjadi generasi yang aktif dalam menyalurkan ide, aspirasi dan kontribusi bagi dunia pertanian.

Semoga bermanfaat. Salam Petani Indonesia!

Pantau terus web kami miraclepark.id dan blog kami https://blog.miraclepark.id/ atau unduh aplikasi Goolive di playstore .

Jelajahi keajaiban zaitun bersama Miracle Park. Informasi lebih lanjut, silahkan klik link dibawah ini http://bit.ly/AdminMiraclepark

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *